Sudah tahukah anda? Tips Memilih Cat Kolam Ikan Dan Cara Pemakaiannya?

Rumah terlihat asri dan alami saat kolam memenuhi pekarangan Anda. Untuk membuat kolam Anda lebih menarik, Anda perlu tahu cara mengecatnya dengan baik. Yuk, simak cara mengecat kolam dengan cat kolam ikan!
Cat yang bagus memperpanjang umur cat dan memanjakan ikan dengan habitat yang indah dan yang terpenting tidak beracun bagi ikan.
Berikut beberapa tips memilih dan menggunakan cat kolam ikan

1.Memilih warna kolam yang tepat
Sebelum mengecat, Anda perlu mengetahui warna kolam ikan mana yang baik untuk kolam Anda dan aman untuk ikan. Untuk amannya, pilih dan gunakan cat yang menggunakan bahan dasar air, bukan bahan yang diencerkan air. Bahan berbahan dasar air jauh lebih aman digunakan karena, tidak seperti pengencer, bahannya tidak beracun. Pilihlah cat dengan kualitas terbaik agar cat tidak terkelupas dan mengotori kolam ikan Anda. Perbedaan cat tembok biasa dengan cat kolam adalah kandungan catnya. Cat kolam renang memiliki unsur akrilik atau tahan air, sehingga cat akan selalu terlihat bagus, meskipun terkena air seharian.

2.Pilih warna natural untuk dinding kolam ikan

Untuk keindahan maksimal, Anda bisa menggunakan warna natural untuk dinding kolam ikan. Beberapa warna natural yang bisa Anda pilih adalah hitam, biru dan hijau. Menggunakan cat kolam ikan berwarna hitam pada kolam dapat membuat warna ikan menjadi lebih kontras dan cerah. Selain itu, warna hitam juga merupakan warna kol kolam ikan minimalis yang bisa digunakan untuk mempercantik rumah. Sedangkan warna biru dapat membuat kolam ikan menjadi lebih luas dan cerah. Penggunaan warna hijau pada kolam bagus untuk mereka yang berencana menutupi semua kolam dengan lumut agar kolam terlihat lebih alami. Namun, jika Anda tidak ingin lumut menutupi kolam ikan Anda, ada baiknya menggunakan cat kolam ikan yang tahan lumut.

3.Proses Pengecatan Kolam Ikan

Setelah memilih warna kolam yang bagus, saatnya mulai mengecat kolam Sebelum mulai mengecat, pastikan dinding kolam dalam keadaan kering agar cat menempel dengan sempurna. Pastikan juga kondisi dinding benar-benar bersih tanpa kotoran. Setelah kondisi dinding dipastikan, saatnya mulai mengecat. Buat lukisan maksimal tiga lapis. Aplikasikan lapisan pertama cat kolam ikan secara tipis namun merata di seluruh dinding. Saat
lapisan cat telah mengering, lakukan lapisan lainnya. Ulangi tiga kali Jika Anda puas dengan hasil warnanya, diamkan selama dua atau tiga hari.

4.Menjaga kebersihan kolam

Setelah cat mengering selama dua atau tiga hari, pastikan tidak ada kebocoran pada kolam. Salah satu cara mengatasi kebocoran pada kolam ikan adalah dengan menggunakan cat anti air pada kolam ikan. Harga cat kolam ikan flowless di pasaran cukup bervariasi, mulai dari Rp 60.000 hingga Rp 200.000. Jika dipastikan tidak ada kebocoran, isi tangki dengan air dan bersihkan kolam ikan dengan kain untuk menghilangkan bau dari kolam. Kemudian tuangkan air ke dalam kolam dan isi kolam ikan dengan air. Jika Anda sudah memiliki filter air, pastikan filter bekerja dengan lancar saat menyaring air. Biarkan filter bekerja selama satu hingga tiga hari untuk memastikan kolam benar-benar bersih. Tunggu sekitar dua minggu hingga sebulan sebelum memasukkan ikan ke dalam kolam. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko ikan mati.

5. Pemeliharaan kolam ikan
Jika lokasi kolam dipilih di tempat terbuka, pastikan kolam tidak terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari mempercepat pertumbuhan alga, yang dapat memengaruhi kejernihan kolam. Simpan tanaman pelindung di sekitar tepi kolam atau tempatkan tanaman air seperti teratai, lili air dan lainnya untuk melindungi ikan.


Rekomendasi Cat Kolam Ikan
King’s Paint Water Ponding

Semoga membantu.

Share This Content

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top